Cara Memproteksi File Excel Menggunakan Menu Encrypt With Password Dalam Excel

Cara Memproteksi File Excel - Jika tidak ingin file Excel diedit atau dibuka oleh orang lain maka kita bisa memproteksinya dengan menggunakan password.

Dalam Excel sangat mudah menambahkan atau membuat password karena memang sudah disediakan menu tersendiri.

Menu untuk memproteksi Excel dengan pasword tersebut adalah Encrypt With Password.

Untuk langkah dan cara bagaimana membuat password dalam file Excel mari kita bahas bersama - sama dalam artikel ini sampai dengan selesai.

 

Cara Memproteksi File Excel Dengan Password

 

Tujuan kita memproteksi file Excel yang kita miliki adalah untuk mengindari file tersebut dibuka oleh orang lain.

Dengan menggunakan password maka file Excel yang kita miliki secara otomatis tidak akan bisa dibuka oleh orang lain yang tidak mengetahui passwordnya.

Dengan kata lain file Excel yang kita miliki akan aman dari tindakan edit atau tidak bisa diedit bahkan file Excel yang kita miliki juga akan aman dari tidak copy karena memang tidak akan bisa  dicopy.

Pada konsepnya membuat password atau memptoteksi Excel dengan passord dibagi kedalam dua bagian.

Pertama password yang kita buat memang untuk mencegah membuka file Excel dan yang kedua password atau proteksi tersebut hanya diterapkan pada area tertentu saja.

Pada pembahasan ini yang akan kita lakukan adalah bagaimana cara membuat password untuk membuka file Excel.

 

1. Memproteksi File Excel Dengan Password

 

Untuk pembahasan yang pertama mari kita lihat bagaimana cara membuat password pada file Excel.

Seperti yang disebutkan diatas bahwa menu yang akan kita gunakan untk membuat password adalah Encrypt With Password.

Adapun cara membuat password dalam file Excel langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :

 

  1. Klik Tab File
  2. Klik Info
  3. Klik Protect Workbook
  4. Klik Encrypt With Password
  5. Pada kotak ketik Password yang akan digunakan
  6. Klik OK
  7. Ketik kembali Password yang akan digunakan
  8. Klik OK
  9. Save As file Excel

 

Dengan menggunakan langkah - langkah diatas maka secara otomatis file Excel yang kita miliki akan menggunakan password.

Untuk mencobanya silahkan simpan dan keluar dari file Excel lalu kemudian buka kembali.

Sebelum file Excel tersebut terbuka maka terlebih dahulu kita harus mengetikkan passsword.

 

2. Cara Menghapus Password Pada File Excel

 

Menggunakan password pada file Excel memang akan sangat mengamankan file Excel tersebut.

Tapi mohon dicatat bahwa penggunan password pada file Excel tentu juga memiliki resiko.

Salah satu resiko yang akan mungkin muncul adalah lupa password pada file Excel yang sudah kita proteksi.

Tentu file Excel yang lupa password tersebut tidak akan bisa kita buka sama sekali kecuali kita sudah mengingat passwordnya kembali.

Untuk itu jika ingin menghapus password pada file Excel yang sudah kita buat sebelumnya maka langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :

 

  1. Buka File Excel yang akan diubah Passwordnya
  2. Ketik Password pada kotak yang muncul
  3. Klik OK
  4. Klik Tab File
  5. Klik Info
  6. Klik Protect Workbook
  7. Klik Encrypt With Password
  8. Pada kotak hapus password
  9. Klik OK
  10. Save file Excel

 

Dengan menggunakan langkah - langkah diatas maka secara otomatis password yang sudah kita pasang sebelumnya akan dihilangkan.

Dari dua pembahasan diatas silahkan pelajari langkah dan caranya apakah kita akan menambah password atau justru akan menghapus password Excel.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara memproteksi file Excel dengan menggunakan password dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca. 

Comments